4 Tips Jaga Metabolisme Lewat Olahraga!

06-02-2024 - by Nurul Izzati

4-tips-jaga-metabolisme-lewat-olahraga

Buat yang jalanin penurunan berat badan pasti nggak asing lagi sama yang namanya metabolisme. Dilansir adari halodoc, metabolisme adalah proses internal dimana tubuh untuk mengubah makanan dan minuman menjadi energi. Proses ini sangat dibutuhkan tubuh karena digunakan untuk menjalankan fungsi tubuh, seperti bernafas, bergerak, peredaran darah dan sebagainya. Selama proses itu, tubuh membakar kalori sehingga memiliki metabolisme yang sehat penting banget untuk optimalkan proses dan pembakaran kalori itu. Nggak cuma untuk tubuh itu sendiri, pembakaran kalori juga penting untuk penurunan berat badan. Buat menjaganya, bisa dilakukan dengan menjaga pola makan, olahraga rutin, menjaga pola tidur, dan lain-lain. Kali ini Yellow Fit Kitchen secara khusus akan membahas tips diet menjaga metabolisme lewat olahraga. Simak terus artikel ini ya!

Melakukan Latihan Kekuatan

Membangun dan menjaga massa otot adalah salah satu kunci dalam menjaga metabolisme. Buat membangun dan menjaga otot bisa dilakukan dengan melakukan latihan kekuatan. Lakukan latihan ini minimal dua hingga tiga kali per minggu untuk hasil optimal. Fokuslah ke latihan gabungan, seperti squat, lunges, deadlift, bench press yang melibatkan berbagai kelompok otot dan menstimulasi metabolisme rate yang tinggi, baik saat maupun setelah olahraga.

Lakukan HIIT

HIIT dilakukan dengan melakukan gerakan yang intens dan diikuti dengan periode istirahat yang pendek. Tipe latihan ini bisa bantu meningkatkan metabolisme dan membakar kalori. Nggak cuma saat sesi olahraga, pembakaran kalori huga terjadi setelah olahraga. Melibatkan HIIT pada rutinitas olahraga dapat membantu memaksimalkan pembakaran kalori dan metabolisme.

Aktif Sepanjang Hari

Buat menambah keaktifan tubuh dalam bergerak maka kamu bisa aktif sepanjang hari. Gerakan yang ringan, seperti menaiki dan menuruni tangga, berjalan kaki, dan semacamnya bisa menambah keaktifan tubuh. Aktivitas ini juga bantu menjaga metabolisme.

Kombinasikan dengan Latihan Kardio

Latihan kekuatan dan HIIT efektif dalam meningkatkan metabolisme, begitu juga dengan kardio. Lakukan seenggaknya 150 menit per minggu dengan intensitas sedang dan 75 menit per minggu dengan intensitas lebih berat. Beberapa latihan kardio yang bisa dilakukan, seperti bersepeda, berenang, berlari, dan sebagainya. Latihan itu membantu meningkatkan kesehatan kardiovaskular, meningkatkan detak jantung, dan mendukung kesehatan metabolisme.

Selain itu semua, buat menjaga metabolisme maka kamu harus istirahat dengan cukup. Hal itu karena istirahat, yaitu tidur sangat berdampak pada hormon dan metabolisme. Istirahat cukup juga bantu tubuhmu memulihkan diri sehingga lebih optimal dalam melakukan olahraga. Selalu jaga pola makan dengan konsumsi makanan bernutrisi dan kalori yang terkontrol dengan bergabung katering diet Yellow Fit Kitchen.

Penulis: Ayustya Damargalih
Editor: Nurul Izzati

 


Related Article