Nggak Perlu Dihindari, Ini Fungsi Karbohidrat untuk Diet!

17-01-2023 - by Nurul Izzati

nggak-perlu-dihindari-ini-fungsi-karbohidrat-untuk-diet

Karbohidrat merupakan salah satu makronutrien yang sering banget dianggap sebagai “biang kerok” kenaikan berat badan. Akhirnya banyak orang yang menghindarinya bahkan sama sekali nggak mengkonsumsi saat diet. Padahal karbohidrat itu penting banget loh untuk tubuh kamu dan penurunan berat badan. Mau tau apa manfaat karbohidrat untuk diet kamu? Simak artikel ini ya, Yellow Fit Kitchen akan membahas mengenai fungsi karbohidrat untuk diet.

Fungsi Karbo untuk Diet

Karbohidrat mengandung kandungan yang penting banget untuk memberi energi ke otak, otot, bahkan metabolisme kamu. Kalau disederhanakan, karbohidrat itu adalah sumber energi buat tubuh kamu. Kalau kamu pernah merasa lemas saat diet, bisa jadi hal tersebut karena kamu masih kurang mencukupi karbohidrat. Sumber energi berfungsi banget untuk beraktivitas, salah satunya untuk melakukan olahraga. Olahraga tersebut penting banget kan tentunya untuk proses penurunan berat badan kamu.

Konsumsi Karbo yang Tepat

Alih-alih dihindari, hal yang perlu kamu lakukan adalah melakukan konsumsi karbohidrat dengan tepat nih. Cara tepat konsumsi karbohidrat, selain konsumsinya nggak berlebihan, kamu juga harus memilih karbohidrat yang tepat. Kamu lebih baik memilih karbohidrat yang kompleks. Berdasarkan situs men's health, karbohidrat kompleks berkaitan dengan berat badan yang seimbang dan bahkan menurunkan resiko diabetes 2. Karbohidrat kompleks memiliki fungsi yang baik untuk diet kamu karena karbohidrat kompleks lebih mengenyangkan dan tahan lama sehingga kamu terhindar dari makan yang berlebihan.

Kalau selama ini kamu masih menghindari bahkan takut banget untuk konsumsi karbohidrat, mulai sekarang hilangin hal tersebut ya. Karbohidrat nggak bikin diet kamu gagal kok. Selalu konsumsi karbohidrat dengan tepat agar diet kamu sehat ya. Selain karbohidrat jangan lupa untuk konsumsi nutrisi lainnya, seperti protein, lemak, dan tambah serat ke makanan utamamu. 

Penulis: Ayustya Damargalih
Editor: Nurul Izzati


Related Article